Pages

Sabtu, 06 Agustus 2011

Memori

type='html'>

M E N G E N A L   M E M O R Y



Memori ( Memory ) terdiri atas komponen-komponen elektronik yang menyimpan perintah- perintah yang menunggu untuk di eksekusi oleh prosesor,data yang diperlukan oleh insruksi (perintah) tersebut dan  hasil-hasil dari data yang diproses ( informasi ). Memori biasanya terdiri atas satu chip atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam prosesor.
Memory komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan didalam memory, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan didalam memory komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memory penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.

JENIS MEMORY
v  EDO RAM
v  SDRAM ( 66 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz)
     
v  DDRAM ( 200 Mhz, 266 Mhz,333 Mhz, 400 Mhz)
·                     DDR200 / PC1600 = 1,6 GB/sec
·                     DDR266 / PC2100 = 2,1 GB/sec
·                     DDR333 / PC2700 = 2,7 GB/sec
·                     DDR400 / PC3200 = 3,2 GB/sec
v  DDR 2 ( 400 Mhz, 533 Mhz, 667 Mhz)
·                DDR2-400 / PC2-3200
·                DDR2-533 / PC2-4200
·                DDR2-667 / PC2-5300
·                DDR2-800 / PC2-6400



INTERNAL MEMORY
ROM ( Read Only Memory )

·         ROM adalah chip-chip memori yang menyimpan data dan perintah secara permanen jadi jenis memori ini hanya biasa di baca saja datanya atau programnya.ROM bersifat nonvolatil dan pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada mother board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system.

Jenis-jenis ROM:
Ø  ROM ( Read Only Memory)
Ø  PROM (Programmable ROM
Ø  EPROM ( Erasable ROM )
Ø  EEPROM ( Electrically ROM)
     

2 jenis ROM yang sering digunakan:
            1.         EEPROM ( Electrically Erasable Programmable Read Only Memory )
Program yang ada di dalam chip ini dapat dihapus dan diisi kembali dengan menggunakan pulsa listrik.
Kelebihannya :
·         Dapat di upgrade atau di modifikasi sebagian atau keseluruhan isi dari program Bios tersebut sesusi dengan keinginan kita.
·         Dapat di backup atau di buat cadangannya, bila suatu saat master dari Bios tersebut rusak atau programnya sebagian atau keseluruhannya terhapus.
Kelemahannya :
·         Virus dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan didalam Bios tersebut.
·         Arus listrik yang tudak stabil dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan di dalam Bios tersebut.

2.                  EPROM ( Erasable Programmable Read Only Memory )
Program yang ada di dalam chip ini dapat dihapus dan diisi kembali dengan menggunakan sinar infrared.
Kelebihan :
·         Virus tidak dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan didalam Bios tersebut.
·         Isi dari program Bios ini baik sebagian maupun keseluruhannya tidak dapat dirusak atau diubah oleh pulsa listrik, selama stiker yang terdapat pada Bios tersebut tidak cacat atau rusak.
Kelemahan :
·         Tidak dapat di upgrade atau dimodifikasi secara umum isi dari program Bios tersebut baik itu sebagian maupun keseluruhannya. Sehingga suatu saat segala perhitungan yang berhubungan dengan tanggal, bulan dan tahun seperti program aplikasi Microsoft exel atau lotus akan menyimpang bila tanggal, bulan, dan tahun dari.
EKSTERNAL MEMORY
RAM ( Random Acces Memory )
            Merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.
            Jenis – jenis RAM :
·         Berdasarkan cara kerja
o   Dynamic RAM ( DRAM )
o   Static RAM ( SRAM )
·         Berdasarkan Module
o   Single Inline Memory Module ( SIMM )
o   Double Inline Memory Module ( DIMM )
o   RIMM ( Rambus )
·         Berdasarkan jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin
·         Berdasarkan kecepatannya ( nano second )

CACHE MEMORY
Chace memori ( memory chace ) mempercepat proses-proses komputer karena chace menyimpan perintah dan data yang sering digunakan.
Ada 2 jenis yaitu :
·         Internal Chache yaitu memory yang terdapat didalam prosesor, sering dikenal dengan nama first level ( L1)
Chache L1 dipasang langsung pada cip prosesor. Chache L1 biasanya memiliki kapasitas sangat kecil, berkisar antara antara 8 KB sampai 128 KB.
·         External Chache yaitu memory yang terdapat didalam motherboard, sering dikenaal dengan nama second level ( L2 )
Chache L2 sedikit lebih lambat daripada chache L1 tetapi memiliki kapasitas yang jauh lebih besar, berkisar antara 64 KB sampai 16 MB.

CARA KERJA TRANSFER DATA DALAM BUS
v  Sinyal-sinyal yang berasal dari prosesor atau dari komponen lain melakukan perjalanan di sepanjang jalur circuit pada rangkaian paralel. Angka yang terdapat di jalur tersebut memiliki tipe arsitektur yang digunakan dalam BUS. Data-data yang di transfer dalam BUS terdiri dari 8 bit yang digunakan dalam komputer IBM dengan menggunakan 62 jalur yang berhubungan langsung mengadaptasikan  kartu. Sinyal yang dikirim di adaptasikan dalam kartu adalah sebagian yang diterima oleh pengadaptasian kartu.
v  8 jalur memancarkan daya listrik ke kartu adapter. Perbedaaan jalur akan membawa dampak pada tegangan yaitu tegangannya berbeda
v  8 dari 32 jalur yang digunakan dapat memancarkan semua data dengan mengabaikan data yang ditujukan ke kartu memory, display memori dan suatu pengontrol disk.
v  20 jalur membawa informasi untuk meletakan alamat di mana data di masukan. Masing-masing kartu menggunakan alamat unik dan spesifik dari mereka yang tersedia di dalam megabyte memori dan untuk masing-masing input/ output alat.
v  Masing-masing pengadaptasian kartu bus secara konstan untuk sinyal sesuai sepanjang jalur perintah. Ketika suatu sinyal nampak pada jalur perintah tulis. Sebagai contoh, semua sarana I/O mengenali perintah dan circuit memori tidak dapat mengenalinya.
v  I/O mengadaptasikan keamanan oleh perintah tulis memutar ke jalur alamat. Jika alamat menetapkan pada jalur itu bukanlah alamat yang digunakan oleh suatu orang yang mengadaptasikan ,orang yang mengadaptasikan mengabaikan isyarat mmeneruskan bentuk data.
v  Jika isyarat pada jalur alamat memenuhi alamat yang digunakan oleh orang yang mengadaptasikan, orang yang mengadaptasikan menerima data dan meneruskannya kebentuk alamat dan menggunakan data itu untuk melengkapi atau menyudahi tulis perintah.













HOW TO WORK




·                Proses waktu akses memori pada proses read dan write informasi ke dalam memori
·                Semakin kecil angka clock semakin cepat
·                Siklus address bus berisi data yang tersimpan di program counter
·                CPU mengambil data dari memori , data yang akan dibaca harus sudah ada dan stabil di address  bus.
·                Pada siklus baca tulis, hanya membaca data dari alamat data dari alamat tertentu tanpa mengdekode dan akan di kode dan diartikan pada siklus Opcode Fetch ( data-data yang merupakan instruksi bahasa assmbly mikroprosesor)
·                Setelah data dikodekan maka akan di ambil oleh CPU
·                Pada siklus tulis, alamat memori yang akan ditulis diletakan di address bus dan data akan diisikan oleh CPU, yang akan ditulis oleh CPU ke memori.

0 komentar:

Poskan Komentar